Mahasiswa UMBY Ciptakan Produk Makanan dari Limbah Pengolahan Keju

Hanya dari limbah olahan keju, 3 mahasiswa UMBY Fakultas Agroindustri  jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) berhasil mengembangakn jenis produk makanan olahan baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Dwianto, Hanifah ‘Ulayya Azhar dan Popy Dwi Yulianti dengan dosen pendamping Lilis Suryani, S.TP, MP yang kebetulan sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada bulan Januari sampai pertengahan Maret 2017,  di Sebuah peternakan di Bandung Selatan Pangalengan  


Seperti diketahui, bahwa  Susu merupakan bahan pangan hewani yang mengandung unsur gizi yang lengkap. Didalamnya terkandung asam-asam amino essensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang dihasilkan dari proses fermentasi bakteri Streptococcus lactis.


Dwianto menuturkan “Banyaknya industri pengolahan keju di Indonesia akan berdampak pada limbah dan salah satu limbah yang dihasilkan dari pengolahan keju yaitu whey. Adanya whey yang berlimpah dan hanya dibuang sebagai limbah cair dapat menyebabkan pencemaran air”. Maka tiga mahasiswa tersebut berusaha berinovasi  untuk memanfaatkan limbah whey keju yang dihasilkan di KPBS (Koperasi Peternakan Bandung Selatan) Pangalengan menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomis yang diberi kemudian disebut dengan  nata de whey.


Selasa (14/3), di ruang kerjanya Lilis Suryani, MP,   menjelaskan bahwa upaya untuk menghasilkan produk nata de whey secara optimal dilakukan dengan membandingkan beberapa perlakuan diantaranya dengan penambahan gula yaitu glukosa, sukrosa dan fruktosa. Adapun manfaat dari nata de whey antara lain menurunkan kolesterol, mencegah obesitas, mencegah diabetes, mencegah kanker kolon dan mengatasi sembelit


Wakil Rektor I UMBY, Dr Ir Wisnu Adi Yulianto, MP menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas hasil kreasi dan inovasi yang dihasilkan para mahasiswa tersebut. “Saya sangat menghargai atas kerja kerasnya sehingga  mahasiswa UMBY berhasil berkreasi dan inovasi dalam menciptakan sesuatu yang baru”.