Kuliah Umum UMBY : Generasi Y dan Z Harus Pandai Baca Peluang di Persaingan Global

Secara umum generasi yang tengah memasuki bangku perkuliahan maupun yang terjun ke dunia industri merupakan generasi Y dan generasi Z. Generasi Y adalah generasi yang lahir dalam rentang waktu 1981-1994 sedangkan generasi Z merupakan yang lahir pada 1995-2010. Generasi Z juga biasa disebut  IGeneration, generasi net atau generasi internet. Mereka memiliki kesamaan dengan generasi Y. Mereka lahir dan dibesarkan di era digital, dengan beraneka teknologi dan akrab dengan gadget canggih yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepribadian mereka. 


Tentunya kondisi ini harus dijadikan peluang dan tantangan ke depan. Hal tersebut diungkapkan dosen Politeknik Teknologi Kulit yang juga Konsultan SDM bagi beberapa perusahaan, Wahyu Bintari, M.Psi., Psikolog., saat memberikan kuliah umum di hadapan 290 mahasiswa baru Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Kamis (02/03/17).


“Anak muda generasi Y maupun Z sangat akrab dengan teknologi, sehingga harus bisa berinovasi untuk dijadikan peluang bisnis,” ujar Wahyu Bintari.


Terlebih saat ini berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016 terdapat sebanyak 7,02juta pengangguran. Karenanya mahasiswa harus fokus mengenyam pendidikan dan aktif mengembangkan skill. Sehingga dapat lulus tepat waktu yang kemudian dapat bekerja maupun berbisnis agar dapat mengurangi angka pengangguran tersebut.


Kuliah umum yang digelar di Kampus III UMBY, Jalan Ringroad Utara Condongcatur Sleman tersebut merupakan rangkaian dari prosesi penyambutan mahasiswa baru Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017.


Selain kuliah umum, penyambutan mahasiswa baru juga diisi dengan pengenalan pejabat struktural UMBY. Disamping itu ada pula penjelasan bidang Akademik Universitas oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ir. Wisnu Adi Yulianto, MP., bidang Keuangan Universitas oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan, Hasim As’ari, SE.MM., serta bidang Information and Communications Technology (ICT), oleh Direktur ICT, Imam Suharjo, S.T.M.Eng. Mercu Buana...Lebih Baik