Jopen Vibrator Toys

 

            Banyak alumni Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Agoindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) memilih untuk berwirausaha. Mereka telah berhasil menciptakan lapangan kerja baru bagi orang lain. Sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi yang diterapkan maka diharapkan lulusan Prodi THP UMBY mempunyai 4 kompetensi utama yaitu ahli teknologi pangan, mampu berwirausaha, mampu menjadi pemimpin dan memiliki kemauan untuk belajar secara terus-menerus. Perwujudan kompetensi tersebut dicirikan dengan penyelenggaraaan mata kuliah kewirausahaan dan kuliah lapang serta praktek pengembangan produk.

Pada tanggal 29 Juli 2008 bertempat di Gedung Depdiknas Jakarta telah ditandatangani kontrak pelaksanaan Program Hibah Kompetisi (PHK) A-2 bagi Program Studi THP/Teknologi Pangan, UMBY. Tujuan utama kegiatan PHK A-2 tersebut adalah peningkatan efektivitas program pembelajaran berbasis Student Centered Learning dan peningkatan atmosfir akademik yang kondusif. Outcome dari kegiatan ini adalah mempercepat masa studi hingga tepat 4  tahun dan memperpendek waktu tunggu lulusan dalam memperoleh pekerjaan.

Pada tahun ke 2 ini diperoleh dana hibah Rp. 421 juta, sebagian besar dana dialokasikan untuk pembelian peralatan pilot plant serta peningkatan referensi tentang kewirausahaan yang sangat dibutuhkan mahasiswa untuk memperkuat keahlian dan ketrampilan lulusan dalam berwirausaha di bidang teknologi pangan. Berbagai alat produksi seperti peralatan pengolahan buah-buah, bakery dan es krim, produksi mie dan bakso akan memperkuat pilot plant yang telah ada. Selain itu juga digunakan untuk melengkapi fasilitas laboratorium yaitu peralatan analisis kimiawi dan fisik sehingga diharapkan mahasiswa lebih cepat masa studinya.

Selain pengadaan peralatan kegiatan PHK A-2 tahun ke 2 juga ditujukan untuk pengembangan kapasitas staf pengajar yang meliputi kapasitas penguasaan alat produksi, pengembangan pengolahan produk domestik, pengembangan kemampuan penulisan publikasi ilmiah, serta pengembangan study club mahasiswa. Semua kegiatan tersebut diharapkan dapat mempercepat kelulusan mahasiswa serta meningkatkan ketrampilannya dalam bidang teknologi pangan. Untuk meningkatkan wawasan mahasiswa tentang dunia usaha teknologi pangan maka penelitian dosen maupun mahasiswa difokuskan pada pengembangan pengolahan  pangan domestik seperti umbi-umbian, serealia, kacang-kacangan, rempah-rempah, produk hortikultura dan lain-lain.  Selain itu didukung pula mata kuliah pilihan antara lain Teknologi Pengolahan Hasil (TPH) Perkebunan, TPH Horikultura, TPH Tanaman Pangan, TPH Aquatik, TPH makan fermentasi, dan TPH Peternakan.

            Dengan pelaksanaan kurikulum yang berciri khas kewirausahaan dan didukung dengan pelaksanaan PHK A-2 maka lulusan dibekali ilmu dan ketrampilan yang memadai sebagai calon wirausaha baru sehingga dalam kondisi perekonomian saat ini mampu untuk menciptakan lapangan kerja baru. Dalam bidang teknologi pangan, peluang berwirausaha sangat luas dibanding bidang ilmu lainnya antara lain wirausaha produksi olahan makanan dan minuman,  bakery, catering, distribusi produk pangan, suplier bahan baku pangan dan peralatan produksi sampai dengan usaha warung makan.

 

 

 

ALAMAT KAMPUS UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA
Kampus I Sedayu : Jl. Wates Km. 10 Yogyakarta 55753. Telp: 0274-6498212, 6498211, Fax. 0274-6498213
Kampus II Gejayan : Jl. Jembatan Merah No. 84C Gejayan, Yogyakarta 55283. Telp: 0274-584922, 550703, 550704
Contact
Info Kampus: info@mercubuana-yogya.ac.id
Webmaster: ict@mercubuana-yogya.ac.id

Copyright © 2014 Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
All Rights Reserved.